Rabu, 13 Juli 2011

Strategi Starbucks Coffee

Tujuan utamanya adalah menjadikan STARBUCKS sebagai tempat ketiga bagi pengunjungnya. Tempat ketiga selain rumah dan tempat beraktifitas. Keberadaan STARBUCKS Coffee tidak diragukan lagi, karena STARBUCKS Coffee telah memiliki citra yang mantap dan mendunia.

CARA STARBUKS COFFEE MELIHAT KARAKTERISTIK PASAR :
Segmentasi (proses membagi-bagi atau mengelompokkan-kelompokkan konsumen ke dalam kotak-kotak yang lebih homogen):

a. Sasaran harus jelas dan fokus
b. Berdasarkan manfaat yang diperoleh Konsumen
c. Berdasarkan pemakaian produk
d. Berdasarkan Generasi
e. Berdasarkan Teknografi (tradisional, karier, status, hiburan)
f. Berdasarkan Tingkat kesetiaan Konsumen
g. Berdasarkan Evolusi Keluarga

Dengan tujuan :

a. Mendisain produk-produk yang lebih responsif terhadap kebutuhan pasar
b. Menganilis Pasar
c. Menemukan Peluang (niche)
d. Menguasai posisi yang superior dan kompetitif
e. Menentukan Strategi komunikasi yang efektif dan efisien

Pilihan Segmentasi :
a. Undifferentiated Marketing Strategy
b. Differensiasi
c. Konsentrasi

Segmentasi yang baik :
a. Apakah segmen itu cukup besar
b. Apakah ada daya belinya?
c. Apakah dapat dibedakan dengan segmen lainnya?
d. Apakah sudah ada pesaing lain yang menguasai segmen tersebut?
e. Apakah pasar ini dapat dijangkau?
f. Apakah kita memiliki SDM untuk menguasai segmen tersebut?


Targeting :

Targeting atau menetapkan target pasar adalah tahap selanjutnya dari analisis Segmentasi. Produk dari Targeting adalah Target Pasar.
7 dasar pertanyaan dalam Targeting, sbb :

1. Apakah pasar sasaran telah berubah dalam beberapa waktu terakhir ini? Apakah kita tetap membidik sasaran yang sama yang sesungguhnya sudah ditinggalkan konsumen kita ?
2. Apakah konsumen kita yang sesungguhnya sudah sesuai dengan yang direncanakan atau disasarkan? Mengapa berbeda?
3. Apa landasan atau alasannya kita memilih target segmen tersebut? Mengapa bukan segmen yang lain?
4. Apakah yang membedakan segmen ini dengan segmen lainnya? Proses apa yang kita gunakan untuk menemukan segmen ini?
5. Dapatkah kita membuktikan bahwa segmen ini cukup potensial dan menguntungkan? Berapa lama kita membutuhkan waktu untuk menggerakkan segmen sasaran ini untuk memberi respon? Apakah lingkungan ekonomi kita tidak berubah ketika kita merasa yakin itulah saatnya memetik hasil?
6. Apa yang kita lakukan kalau segmen sasaran itu tidak memberi respon? Mengapa mereka tidak merespon?
7. Apakah ada sasaran pasar lain yang lebih menguntungkan?
4 Kriteria Pasar sasaran yang optimal (Clancy and Shulman, 1991):
• Responsif (tetapi harus didukung kekuatan segmentasi yang jelas)
• Potensi Penjualan harus cukup luas dan besar
• Pertumbuhan memadai sesuai dengan yang diinginkan
• Jangkauan media

Jenis-jenis Pasar Sasaran :
1. Pasar Sasaran Jangka Pendek (jangka waktu dekat, satu tahun misalnya)
2. Pasar Sasaran Masa Depan (jangka mendatang, lima tahun kedepan)
3. Pasar Sasaran Primer (pasar sasaran utama produk)
4. Pasar sasaran Sekunder (pasar yang terdiri dari konsumen-konsumen yang sering tidak dianggap penting, tapi jumlahnya cukup besar, pasar ini tidak dapat diabaikan karena :
• Konsumen memerlukan waktu untuk mengkonsumsi lebih banyak.
• Konsumen mengkonsumsi sedikit, tetapi memiliki indeks konsentrasi yang cukup tinggi
• Merupakan subset dari pasar sasaran primer
• influencers

Faktor-faktor yang mempengaruhi Strategi pemilihan Pasar Sasaran :
1. Tahap dalam Product Life Cycle
2. Keinginan konsumen dalam keseluruhan pasar
3. Potensi dalam Pasar
4. Struktur dan intensitas kompetisi
5. Sumber Daya
6. Skala Ekonomis

POSITIONING : MENCARI JALAN di OTAK KONSUMEN

Positioning is not what you do to a Product, It is what you do to the mind of the prospect.
Positioning behubungan dengan cara bagaimana konsumen menyimpan informasi, dan ada lima jenis informasi yang dapat disimpan dalam memory.
- nama merek-merek tertentu
- Karakteristik merek tersebut
- Iklan-iklan mengenai merek tersebut
- Kategori produk
- Hasil evakuasi konsumen terhadap merek-merek tertentu dan iklan-iklannya

Jadi jelas, positioning adalah :
Tindakan yang dilakukan seorang advertizer untuk membuat citra produk dan hal-hal yang ingin ditawarkan kepada pasarnya berhasil memperoleh posisi yang jelas dan mengandung arti di dalam benak sasaran atau konsumennya.
Berarti :
- Positioning adalah Strategi Komunikasi
- Positioning bersifat dinamis
- Positioning berhubungan event marketing
- Positioning berhubungan dengan atribut-atribut produk
- Positioning harus memberi arti dan arti-arti itu harus penting bagi konsumen
- Atribut-atribut yang dipilih harus unik
- Positioning harus diungkapkan dalam bentuk suatu pernyataan (positioning statement)

Positioning yang baik harus dapat membalikkan hubungan konsep dagang.
Pernyataan Positioning : Klaim yang unik , Bukti yang mendukung
Berbagai Cara Positioning :
1. Positioning berdasarkan perbedaan produk
2. Positioning berdasarkan manfaat produk
3. Positioning berdasarkan pemakaian
4. Positioning berdasarkan Kategori Produk
5. Positioning kepada Pesaing
6. Positioning melalui imajinasi
7. Positioning berdasarkan masalah

1 komentar:

  1. Gila River Hotels & Casinos - Mapyro
    Find Hotels 김해 출장마사지 & Casinos in Hernando at 3400 S. 안양 출장샵 Las Vegas Blvd, Las Vegas, NV 89109. 포항 출장마사지 Use our locator to 청주 출장샵 check guest reviews and other upcoming 동두천 출장마사지 hotel deals.

    BalasHapus