Jumat, 24 Juni 2011

Public Exsternal

Hubungan dengan publik diluar perusahaan merupakan keharusan yang mutlak. Karena perusahaan tidak mungkin berdiri sendiri tanpa bekerja sama dengan perusahaan yang lain. Karena itu perusahaan harus menciptakan hubungan yang harmonis dengan publik-publik khususnya dan masyarakat umumnya.

Salah satunya dengan melakukan komunikasi dengan publik ekstern secara informatif dan persuasif. Informasi yang disampaikan hendaknya jujur, teliti dan sempurna berdasarkan fakta yang sebenarnya. Secara persuasif, komunikasi dapat dilakukan atas dasar membangkitkan perhatian komunikan (publik) sehingga timbul rasa tertarik.

Masalah yang perlu dipecahkan dalam kegiatan external public relations meliputi bagaimana memperluas pasar bagi produksinya, memperkenalkan produksinya kepada masyarakat, mendapatkan penghargaan dan penerimaan dari publik maupun masyarakat, memelihara hubungan baik dengan pemerintah, mengetahui sikap dan pendapat publik terhadap perusahaan, memelihara hubungan baik dengan pers dan para opinion leader, memelihara hubungan baik dengan publik dan para pemasok yang berhubungan dengan operasional perusahaan dan mencapai rasa simpatik dan kepercayaan dari publik dalam masyarakat.

Tindakan-tindakan yang harus dilakukan external public relations seperti :

*
Menganalisa dan menilai sikap dan opini publik yang menanggapi kebijaksanaan pimpinan perusahaan dalam menggerakkan pegawainya dan menerapkan metodenya
*
Mengadakan koreksi dan saran kepada pimpinan perusahaan, terutama kegiatan yang mendapat sorotan atau kritikan publik
*
Mempersiapkan bahan-bahan penerangan dan penjelasan yang jujur dan objektif agar publik tetap memperoleh kejelasan tentang segala aktivitas dan perkembangan perusahaan
*
Ikut membantu pimpinan dalam hal menyusun atau memperbaiki formasi staf ke arah yang efektif
*
Mengadakan penyelidikan atau penelitian tentang kebutuhan, kepentingan dan selera publik akan barang-barang yang dihasilkan perusahaan.

[dst]
Suka
Be the first to like this post.
Komentar»

1. orlensi - 25 Februari, 2008

kegiatan eksternal yang lebih dilakukan oleh seorang PR itu biasanya apa saja, dan apabila PR atau Humas pemerintah pa banyak pula yang bisa dilakukan dalam kegiata internal???
Balas
2. mth - 26 Februari, 2008

Klasifikasi relasi publik eksternal mencakup pengembangan hubungan dengan pelanggan, komunitas, pemerintah, dan media massa. Bentuknya bisa beragam, sesuai dengan konteks publik yang dihadapi. Untuk media massa misalnya bisa berupa konferensi pers, press briefing, press tour, press release, special event, press uncheon, atau wawancara pers. Kalau untuk komunitas dan pemerintah bisa berbentuk anjang sana, kirim kalender, agenda, berkala organisasi dan bahan publikasi lain, kartu lebaran/natal, ucapan selamat, pernyataan belasungkawa, sampai penyelenggaraan pertandingan olahraga persahabatan.
Tentang kegiatan internal PR pemerintah dalam pandangan kami banyak kerja yang bisa dilakukan. Akan tetapi belum digarap maksimal. Ini karena adanya paradigma PR yang belum berubah. Satu contoh kelemahan selama ini, ada potensi besar yang bernama PNS tidak dioptimalkan sebagai bagian strategi humas pemerintah. Padahal dalam konteks masyarakat fungsi dan peran mereka (khususnya di kawasan luar jawa) cukup besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar